Warning: Missing argument 2 for wpdb::prepare(), called in /home/wwwbesth/public_html/deherbal.com/wp-content/plugins/wordpress-popup/popoverincludes/classes/popoverpublic.php on line 92 and defined in /home/wwwbesth/public_html/deherbal.com/wp-includes/wp-db.php on line 992
Nyeri Menstruasi dan Tips Meredakannya | deherbal.com

Nyeri Menstruasi

mengatasi nyeri saat haid

Berkah Herbal Banner 18

Nyeri Menstruasi

0

Posted on : 28-08-2011 | By : rumputeki | In : Info Kesehatan

Nyeri saat Menstruasi apakah Normal ?

mengatasi nyeri saat haid

Dalam istilah kedokteran, rasa nyeri ketika menstruasi disebut dismenore dan dalam taraf yang wajar hal ini adalah normal . Nyeri menstruasi disebabkan oleh zat prostaglandin yang berfungsi memberikan rangsangan agar lapisan rahim terlepas. Rangsangan oleh prostaglandin ini menyebabkan kram pada rahim sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri menstruasi bisa bervariasi pada masing-masing wanita. Ada yang tidak terasa, tapi ada juga yang hebat hingga mengakibatkan penderitanya lemas dan pingsan. Rasa nyeri biasanya dirasakan pada saat menjelang atau awal siklus menstruasi. Rasa nyeri  biasanya dirasakan di sekitar perut bagian bawah hingga pinggul, paha bahkan sampai ke punggung. Selain rasa nyeri,  biasanya pada wanita yang mengalaminya akan diikuti dengan pusing, lemas, mual atau bahkan muntah.

Nyeri menstruasi biasanya dialami oleh remaja putri pada tahun awal menstruasi atau wanita dengan riwayat mens lebih awal (kurang dari 12 tahun) , atau bisa juga pada wanita yang mengeluarkan darah haid lebih banyak dari wanita kebanyakan. Pada kasus yang lain, nyeri saat menstruasi bisa terjadi karena adanya gangguan penyakit seperti endometriosis, PMS (penyakit menular seks), Kista atau masalah spiral (IUD).

Tips mengatasi Nyeri menstruasi  

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredam rasa nyeri saat menstruasi, antara lain :

Solusi tanpa menggunakan Obat

  • Kompres perut bagian bawah dengan bantal panas (alat kompres karet) , jika tidak punya bisa menggunakan botol kaca yang diisi air panas dan dibungkus kain.
  • Sangga kaki dengan bantal sehingga posisinya lebih tinggi dari perut dan jantung saat berbaring.
  • Pijat perut bagian bawah dengan cara melingkar dan jangan terlalu keras.
  • Minum air hangat, hindari minuman atau makanan yang bersuhu dingin seperti es krim.
  • Jika merasa mual dan malas makan, bisa diganti dengan ngemil lebih sering.
  • Atur pola diet makanan dengan menu yang kaya akan buah, sayur dan biji-bijian yang mengandung sedikit gula dan garam.
  • Hindari minum kopi (kafein).
  • Perbanyak asupan kalsium, Vit B6 dan Magnesium.
  • Pada sebagian wanita, berolahraga bisa mengatasi nyeri menstruasi, namun pada sebagian yang lain mungkin beristirahat total akan lebih membantu.
  • Usahakan untuk menurunkan berat badan jika Anda mengalami Obesitas.

Solusi dengan menggunakan obat

  • Konsumsi obat anti-inflamasi, perawatan utama bagi penderita nyeri haid adalah obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen. Obat-obat tersebut bekerja dengan menghentikan produksi prostaglandin dalam tubuh. Namun bagi penderita maag, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan ini karena akan menimbulkan iritasi pada lambung.
  • Pil KB, mengkonsumsi pil KB bisa menjadi alternatif untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Pil KB bekerja dengan mencegah terjadinya Ovulasi sehingga tubuh tidak memproduksi prostaglandin. Namun bagi mereka yang belum dan ingin mempunyai anak, tentunya hal ini tidak disarankan.

Herbal untuk mengatasi nyeri menstruasi dan keputihan

Jika Anda tidak mau mengkonsumsi obat-obatan kimia yang punya efek samping kurang baik bagi tubuh untuk mengatasi nyeri haid dan keputihan, kami merekomendasikan sebuah produk herbal yang alami dan aman dikonsumsi tanpa efek samping, yaitu Sarang Semut Papua. Untuk info detil Produk dan khasiat nya , silahkan klik link pada banner produk dibawah ini.

Sarang Semut 1

Ad

Rp. 160.000,00

Post a comment