Warning: Missing argument 2 for wpdb::prepare(), called in /home/wwwbesth/public_html/deherbal.com/wp-content/plugins/wordpress-popup/popoverincludes/classes/popoverpublic.php on line 92 and defined in /home/wwwbesth/public_html/deherbal.com/wp-includes/wp-db.php on line 992
Telinga Berdengung >>> Obat telinga berdengung dan pencegahannya | deherbal.com

Telinga Berdengung

obat telinga berdengung

Berkah Herbal Banner 18

Telinga berdengung

0

Posted on : 22-11-2011 | By : rumputeki | In : Info Kesehatan

obat telinga berdengung

Mengapa telinga berdengung?

Dalam dunia medis telinga berdengung sering dikenal dengan sebutan tinnitus atau bunyi yang berdering, berdesir, atau tipe lain yang berasal didalam telinga atau kepala. Sebenarnya ini bukanlah masalah yang serius, namun tetap saja hal ini akan mengganggu jika kita mengalaminya. Pada dasarnya telinga berdengung (tinnitus) adalah gangguan pendengaran yang ditandai dengan keluhan perasaan mendengar bunyi di dalam telinga atau di dalam kepala yang tidak dihasilkan oleh sumber dari luar. Tinnitus berasal dari kata “tinnire” yang artinya “membunyikan”

Penyebab telinga berdengung yang paling umum adalah kerusakan yang terjadi pada ujung-ujung mikroskopik dari syaraf pendengaran didalam telinga bagian dalam. Biasanya usia yang sudah lanjut umumnya disertai dengan semakin memburuknya syaraf pendengaran, dan sebagai konsekwensinya bisa menyebabkan tinnitus. Selain itu, mendengarkan bunyi yang sangat keras juga dapat menyebabkan tinnitus, dan ia seringkali juga merusak syarat pendengaran.

Penyebab telingan berdengung (tinnitus) yang paling sederhana adalah menempelnya kotoran telinga (serumen) di gendang telinga. Biasanya hal ini disebabkan karena kebiasaan mengorek kotoran telinga dengan cotton bud. Namun hasilnya kotoran keluar sangat sedikit sebaliknya sisa kotoran yang ada terdorong ke gendang telinga. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk jangan mengorek telinga sendiri. Lebih baik datang kepada dokter di bidang THT secara rutin 6 bulan atau setahun sekali untuk membersihkan telinga.

Telinga berdengung (Tinnitus) dapat timbul atau disebabkan dari empat bagian-bagian telinga yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, telinga bagian dalam, dan otak. Sayangnya, banyak orang-orang tidak perduli terhadap efek-efek yang merugikan dari bunyi-bunyi keras yang berlebihan juga dari beberapa obat-obatan (contohnya, aspirin) dan penyakit-penyakit lain dari telinga bagian dalam (Meniere’s syndrome) dapat menyebabkan telinga berdengung (tinnitus).

Pencegahan Tinnitus (telinga berdengung)

  1. Berusaha sebisa mungkin melindungi pendengaran anda di tempat kerja. Gunakan sumbat-sumbat telinga atau alat-alat penutup telinga.
  2. Hindari konsumsi obat-obatan yang memicu tinnitus
  3. Olahraga teratur, Istirahat yang cukup dan hindari stress
  4. Kurangi Asupan Garam dan ukur tekanan darah secara rutin
  5. Ketika mendengar bunyi yang sangat keras yang mengganggu telinga-telinga anda (concert, acara olahraga, berburu) pakailah pelindung pendengaran atau mengurangi tingkat-tingkat bunyi.

Baca Juga :

Khasiat tomat untuk kesehatan dan perawatan wajah

Post a comment